Rabu, 06 Juli 2011

Kunjungan SMA YPSIM Medan ke PPLH Bohorok


Memberi makan ternak sapiMemberi makan ternak sapiYayasan Pendidikan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) khususnya siswa SMA, 13 Maret 2011 yang lalu mengikuti kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di PPLH Bohorok. Peserta 87 siswa dan 13 guru pendamping.
Peserta dari YPSIM Medan melakukan kegiatan Pendidikan Lingkungan sekaligus berwisata di PPLH Bohorok selama satu hari mulai pukul 09.00 – 16.00 wib. Adapun rangkaian kegiatan yang mereka lakukan adalah kunjungan ke Ecofarming Center di Timbang Lawan – Makan siang dan rekreasi di sungai Bohorok Bukit Lawang – membuat kerajinan Daur ulang dari bubur kertas bekas (kertas lembaran dan gantungan kunci) – belanja souvenir di Bukit Lawang – kembali ke Medan.
Kunjungan ke kebun organik, Ecofarming Center, peserta mendapat banyak informasi tentang tanaman, biofiltrasi, ternak, kolam, aquaponik dan kompos.
Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan terutama kerajinan daur ulang. Secara kelompok dan personal, mereka mencetak kertas dan gantungan kunci dari bubur kertas bekas, yang sudah disiapkan sebelumnya oleh staf PLH. Bahkan ada 1 kelompok yang membuat hiasan dinding berupa gambar gajah dan badak. Hasil kerajinan tersebut boleh dibawa pulang oleh masing – masing peserta. Pada kesempatan tersebut juga dipamerkan produk kerajinan daur ulang lainnya seperti kertas lembaran dari serat eceng gondok, serat nenas, serat batang pisang; gantungan kunci dan tempat pinsil dari koran bekas, tas cantik dari bekas bungkus kopi instant (sachet) atau sejenisnya.
Melalui aktivitas Pendidikan Lingkungan Hidup yang dilakukan saat liburan sekolah, peserta mendapatkan pengalaman berharga untuk lebih peduli pada alam. Ada beragam pilihan untuk berkegiatan di PPLH Bohorok. Bahkan bisa disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (erna)

Membuat gantungan kunci dari bubur kertas bekasMembuat gantungan kunci dari bubur kertas bekas
Mencetak kertas dari bubur kertas bekasMencetak kertas dari bubur kertas bekas
Bersama-sama mengolah bubur kertas bekasBersama-sama mengolah bubur kertas bekas
Mencatat jenis tanaman dan kegunaannyaMencatat jenis tanaman dan kegunaannya
Mencoba menjadi petaniMencoba menjadi petani  sumber : http://www.yelweb.org/news/kunjungan-sma-ypsim-medan-ke-pplh-bohorok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar anda untuk kemajuan blog ini. Pastikan klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui balasan atas komentar/pertanyaan Anda. Mohon tidak SPAM dan meninggalkan link di dalam comment. No SARA, No P*RNO! Comments with any links included and inappropriate contents will be removed immediately upon my review.